Tang Kombinasi – Deskripsi dan Kegunaan

Author: No Comments Share:

Fungsi Tang Kombinasi

Tang kombinasi merupakan jenis tang yang paling berguna, karena memiliki fungsi lebih dari satu, sehingga dapat menggantikan peran tang ataupun alat yang lain. Tang ini dapat berfungsi sebagai penjepit atau pemegang benda, sebagai pembengkok benda, bahkan pemotong. Pada bidang kelistrikan ini tang ini sangat berguna untuk mengupas dan memotong kabel, bahkan untuk mengaitkan satu dengan lainnya juga bisa.

Tidak heran jika kemudian ini menjadi pilihan tang wajib dimiliki bahkan untuk peralatan standar perbaikan di rumah. Terdapat berbagai ukuran tang kombinasi mulai dari 4 inch sampai dengan 8 inch ini tentu saja bergantung pada merk dan kebutuhan penggunanya. Akan berbeda antara tang kombinasi untuk perumahan dengan tang kombinasi perindustrian terlebih jika itu industri bergerak dengan mesin atau listrik.

 

Bentuk Tang Kombinasi

Tang kombinasi memiliki bentuk yang spesifik, yaitu memiliki ujung rahang yang bergerigi rapat dan tajam. Terdapat bagian lekukan di tengah dengan gerigi yang jarang ini dapat digunakan untuk menjepit mur atau paku. Pada bagian belakangnya juga memiliki celah yang dapat digunakan untuk memotong kabel, untuk handle nya ada berbagai jenis yang dilapisi silikon, bahkan ada yang berbatang besi atau alumunium. Menariknya sekarang mulai terdapat banyak pilihan warna sehingga pengguna dapat memilih warna dan ukuran tang yang sesuai.

Selain semua kelebihan yang dimiliki tang kombinasi sebagai tang yang multifungsi, tada juga kelemahan yang dimiliki tang kombinasi, diantaranya terkait perawatan. Sebenarnya barang atau alat apa saja akan mengalami kerusakan jika tidak disimpan dan dirawat dengan baik, tetapi untuk tang kombinasi jika tidak dilakukan pembersihan dan juga pelumasan akan berkarat. Lebih parah lagi jika bagian celah antar rahangnya tersebut yang mulai berkarat maka akan macet, tidak bisa di renggangkan ataupun dirapatkan.

 

Harga Tang Kombinasi

Kisaran harga tang kombinasi memang sangat beragam mengikuti ukuran dan juga merk produksinya. Seperti merek merek yang banyak beredar dan banyak digunakan di masyarakat yang mematok harga sekitar 52.000 untuk tang kombinasi berukuran 8″. Ini dapat menjadi perkiraan jika membeli ukuran lebih kecil tentu dengan harga yang lebih murah.

 

Previous Article

Lampu Aquarium – Deskripsi dan Macam Jenis

Next Article

ELCB Tester – Fungsi dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *