Tang Lancip – Fungsi dan Cara Penggunaan

Author: No Comments Share:

Tang Lancip

Tang lancip adalah jenis tang yang digunakan untuk menjepit benda- benda kecil. Selain itu juga dapat digunakan untuk membengkokan kabel. Biasanya ini dapat dipakai untuk membuat ornamen tembaga dengan mudah karena dapat membengkokan besi lunak sesuai bentuknya. Untuk beberapa situasi ini juga digunakan untuk mengaitkan isi kabel atau menyambung jaringan. Melihat pentingnya fungsi dari tang berbentuk lancip ini, maka semestinya ini juga menjadi daftar alat yang krusial dimiliki.

 

Bentuk Tang Lancip

Tang yang sering disebut tang cucut atau tang buaya ini memang memiliki bentuk rahang yang meruncing dan memanjang sehingga tampak seperti moncong buaya dari permukaanya. Pada bagian dalam rahangnya yang bergerigi rapat juga di lengkapi dengan rahang tajam, dan pada bagian tengahnya terdapat lekukan yang bergerigi jarang sebagai penjepit benda lebih besar dibanding bagian ujungnya. Menariknya tang cucut atau tang lancip ini memiliki handle yang lebih besar, sehingga terlihat signifikan perbedaan antara bagian tang nya dengan pegangan nya.

Bentuk pegangan yang demikian didesain untuk dapat dipegang dengan lebih stabil, tetapi beberapa tang lancip juga ada yang memiliki desain pegangan ramping. Pelapis pada bagian handle atau pengangannya biasanya berupa lapisan karet anti selip dan anti setrum. Untuk ukuran dari tang lancip ini sangat beragam dan yang sering digunakan adalah ukuran 6″.

 

Cara Menggunakan Tang Lancip

Tang lancip memiliki pegas yang selalu terbuka sehingga mudah digunakan setiap saat, seperti tang pada umumnya pengguna memegang tang dan meregangkan rahang nya ketika mengambil benda, setelah menemukan benda di jepit dengan merapatkan kembali rahang tang tersebut. Sedangkan untuk membengkokkan bahan keras dapat dilakukan dengan menjepitnya lebih dahulu kemudian dibengkokkan atau dipotong.

Seperti tang pada umumnya tang lancip juga terbuat dari besi chrome yang memiliki ketahanan terhadap karat, tetapi pada bagian dalam rahang harus tetap dilakukan pembersihan, karena ada kemungkinan kotoran tertinggal dapat menyebabkan kerusakan pada tang. Berkaitan dengan harga tang jenis ini untuk ukuran 6″ dipasarkan dengan harga sekitar 53.000, hampir sama dengan harga jenis tang lainnya.

Previous Article

Scissor Lift – Jenis dan Cara kerja

Next Article

Lampu Sepeda – Jenis dan Kegunaan

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *