Thermometer Gun Infrared – Jenis dan Penggunaan

Author: No Comments Share:

Thermometer Digital Infrared

Infrared Thermometer disebut juga Thermometer laser atau Thermometer gun adalah sebuah alat ukur suhu yang dapat mengukur temperatur atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya. Dengan mengetahui jumlah energi inframerah yang dipancarkan oleh objek dan emisi nya, Temperatur objek dapat dibedakan.

 

Kegunaan Thermometer Infrared

disebut juga Thermometer laser  adalah sebuah alat ukur suhu yang  dapat mengukur temperatur\ atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya. Alat Ini dapat mengukur Suhu secara Cepat dan akurat, Seiring kemajuan jaman dan dengan adanya pandemi COVID 19 alat ini memang sangat banyak digunakan dan dibutuhkan untuk mengukur suhu orang yang akan masuk dan keluar suatu tempat penting guna untuk mengetahui dan menyeleksi subjek apakah si subjek itu demam atau tidak.

 

Jenis Thermometer Infrared

Terdapat 2 jenis thermometer infrared yang dapat dibedakan berdasarkan penggunaannya. Kedua jenis thermometer infrared yaitu thermometer infrared untuk industri dan thermometer infrared untuk medis. Sehingga pada artikel ini, pembahasan difokuskan pada thermometer infrared untu keperluan medis.

Jenis thermometer infrared untuk medis dengan untuk industri memiliki perbedaan biasanya pada rentang suhu serta akurasi. Termometer inframerah untuk medis dikenal dan banyak digunakan untuk mengukur suhu tubuh dengan tanpa menyentuh permukaan, hal tersebut sangat cocok pada skenario misalnya ketika masa pandemi COVID 19 karena cocok digunakan untuk keperluan pengamanan dan pengawasan untuk mengukur suhu tubuh. Dengan adanya fitur infrared, maka thermometer ini dapat mengukur suhu tubuh tanpa harus menyentuh permukaan.

 

Cara Menggunakan Thermometer Infrared

Cara menggunakan nya cukup mudah sesuai dengan karakteristiknya yang ringkas dan sederhana, yaitu:

  1. Nyalakan tombol ON lalu untuk menghidupkan thermometer.
  2. Tekan pelatuk / menenkan tombol nya dan biarkan sejenak agar laser Inframerah bekerja.
  3. Tekan terus hingga di layar display digital muncul hasil suhu dan berbunyi sebagai notifikasi jika perhitungan suhu sudah selesai.

 

Keunggulan Thermometer infrared

  1. Mudah dibawah dan praktis. Karena Infrared Thermometer padat, ringan, dan mudah untuk dimasukkan ke dalam sarung ketika tidak digunakan, inspeksi harian inspeksi pabrik dan pekerjaan dapat dilaksanakan.
  2. Waktu Pengukuran. Alat ini dapat dengan cepat memberikan pengukuran suhu dengan menembak permukaan yang akan diukur suhunya, angka kemudian terlihat secara digital pada layar.

 

Kisaran harga Thermometer Infrared

Kisaran harga thermometer gun infrared di pasar cukup berfariasi, perlu diperhatikan bahwa kisaran harga thermometer gun basic dengan kualitas yang stanard ialah mulai dari Rp 170.000 hingga Rp 250.000 dan untuk kualitas yang lebih baik ialah Rp 270.000 hingga Rp 1.000.000 Perhatikan bahwa kisaran harga berbanding lurus dengan kualitas, dan pastikan juga pembelian dilakukan dengan cermat untuk menghindari keumngkinan thermomter digital abal-abal yang bukan hanya daya tahannya yang payah tetapi akurasi perhitungan suhu yang tidak andal dan tidak dapat dipercaya.

Previous Article

Air Purifier – Penjernih Udara Ruangan Penghilang Bakteri

Next Article

Mikrometer Sekrup – Kegunaan serta Jenis dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *