Tips Memilih Kuas Lukis dan Jenis serta Kisaran Harga

Author: No Comments Share:

Tentang Kuas Lukis

Kuas lukis merupakan kuas yang dapat kita gunakan untuk melukis berbagai macam hal pada media kanvas. Benda ini biasanya dikelompokkan berdasarkan kelompok yang menurut bulu dari kuas tersebut, terdapat bulu kuas yang berbentuk bulat lancip, bulat yang tumpul, persegi yang lancip, persegi yang rata, berukuran besar. Setiap merk akan memiliki ukuran yang berbeda dan juga memiliki nomor yang sama belum tentu besarnya juga sama.

 

Penggunaan

Kuas lukis memiliki kegunaan yang berbeda – beda, misalnya seperti kuas yang berbentuk bulat lancip memiliki kegunaan untuk mengerjakan pada bagian lukisan yang cukup sulit atau rumit, sedangkan untuk yang berbentuk persegi rata dapat kita gunakan untuk menyelesaikan bidang yang lebih lebar atau luas atau mengeblok bidang lukisan.

 

Jenis kuas lukis dan harganya

  1. Jenis flat : pada jenis ini kuas berbentuk kotak dengan memiliki ujung yang membentuk garis lurus keras dan rata. Jenis ini biasanya digunakan untuk mengisi warna, dan dapat membuat garis juga. Harga jenis ini dibandrol sekitar Rp 9.000 hingga Rp 20.000.
  2. Jenis Fine Point : memiliki ujung kuas yang berbentuk lancip dan sangat cocok kita gunakan untuk garis tepi, membuat lettering dan bagian yang cukup detail. Harga jenis ini dibandrol sekitar Rp 7.500 hingga Rp 25.000.
  3. Jenis Fan Brush : jenis ini memiiki bentuk seperti kipas dan biasanya dapat kita gunakan untuk membuat gradiasi warna yang baik. Harganya dibandrol sekitar Rp 35.000 hingga Rp 100.000.

 

Tips  memilih kuas yang baik

  • Pilihlah kuas yang berdasarkan kebutuhan kita.
  • Sesuaikan dengan media yang akan kita lukis, misalnya seperti dengan kertas maka kita harus memilih kuas yang berbulu halus.
  • Tetapi, jika kita melukis dengan media kanvas maka kuas yang seharusnya kita pilih adalah kuas dengan bulu yang lebih kasar.
  • Pilihlah kuas yang memiliki bentuk yang benar – benar lurus, karena dengan bulu yang lurus maka bulu juga akan rapi, hal ini akan menjadi sebuah keharusan yang kita lakukan saat akan memilih kuas.
Previous Article

Pisau Lipat atau Folding Knive beserta Jenis dan Harga

Next Article

Jarum Jahit Kulit Luka dan Bedah Medis

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *