Tire Pressure Gauge / Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Portabel

Author: No Comments Share:

Tire pressure gauge/ alat pengukur tekanan angin ban portabel merupakan suatu alat ukur pneumatic yang berfungsi untuk mengukur seberapa besar tekanan udara yang ada di dalam ban suatu kendaraan baik motor atau mobil.

Alat ukur ini sangat dibutuhkan mekanik, petugas di bengkel, pemompa atau penambal ban ketika akan mengecek tekanan udara di dalam ban kendaraan. Tanpa menggunakan alat ini besarnya tekanan udara di dalam ban tak dapat diukur. Cara ukurnya bagaimana?

Tire Pressure Gauge / Alat Pengukur Tekanan Angin Ban Portabel

Sebelum kita membahas tentang cara ukur tire pressure gauge/ alat pengukur tekanan angin ban portabel ini, terlebih dahulu kita akan bahas cara kerjanya.

Jadi, cara kerja tire pressure gauge/ alat pengukur tekanan angin ban portabel adalah dengan menerapkan prinsip hukum hooke. Hukum hooke menyatakan bahwa gaya yang diperlukan untuk mengompres skala pegas secara linier akan berkaitan dengan jarak ekstensi atau kompresinya.

Cara Penggunaan Alat Pengukur Tekanan Angin Ban

Cara ukur atau cara menggunakan alat pengukur tekanan ban atau tire pressure gauge sebagai berikut :

  • Buka tutup pentil pada roda kendaraan yang akan diukur dengan alat ini
  • Masukkan gagang bundar pada bagian ujung alat tire pressure gauge di bagian pentil ban
  • Baca hasil pengukuran pada meter ukuran yang terdapat pada alat ukur

Alat ukur tire pressure gauge sendiri ada yang terpisah dengan pompa ban dan juga ada yang menjadi satu dengan pompa ban. Jenis yang menjadi satu dengan pompa ban lebih menguntungkan karena ketika melakukan pengisian udara di dalam ban, tekanan udara di dalam ban bisa langsung terukur dengan alat.

Anda yang memiliki tire pressure gauge yang terintegrasi dengan pompa ban juga akhirnya tak hanya bisa mengukur angin atau tekanan ban saja melainkan juga sekaligus bisa memompa secara mandiri ban kendaraan Anda.

Jenis Tire Pressure Gauge

Berdasarkan meter pengukurannya, tire pressure gauge hadir dalam tiga tipe yaitu :

Tipe Mekanik

Jadi dalam penggunaan alat ini untuk mengukur tekanan udara pada ban maka skala meter ukuran yang memiliki batang cabang akan keluar karena tekanan udara yang sedang diukur tersebut. Batang yang keluar pada alat ini menunjukkan seberapa besar tekanan udara yang ada di dalam ban.

Tipe Analog

Tipe analog merupakan tipe alat pengukur tekanan angin ban yang ketika digunakan dalam mengukur tekanan angin maka besarnya dari tekanan udara yang diukur akan membuat jarum analog pada manometer bergerak.

Gerakan jarum analog pada manometer tersebut akan menunjukkan seberapa besar tekanan udara yang ada di dalam ban yang diukur tersebut.

Tipe Digital

Ketika alat pengukur tekanan angin ban portabel tipe digital digunakan, hasil bacaan tekanan udara akan secara langsung ditampilkan pada display digital. Tire pressure digital ini juga akan lebih mudah dalam melakukan pembacaan hasil pengukuran jika dibandingkan dengan dua tipe yang sudah dibahas sebelumnya.

Kisaran Harga Alat Pengukur Tekanan Angin Ban

Untuk harganya, tire pressure gauge dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000,00 untuk jenis yang terpisah dengan pompa ban. Sementara untuk yang tergabung atau menjadi satu dengan pompa ban tentu dijual lebih mahal.

Demikian sedikit informasi terkait tire pressure gauge/ alat pengukur tekanan angin ban portabel yang kami dapat sampaikan.

Previous Article

Coating Thickness Gauge / Alat Pengukur Ketebalan Cat Mobil

Next Article

Vacuum Cleaner Mobil – Deskripsi, Cara Kerja, dan Kisaran Harga

Artikel Serupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *